Sabtu, 22 Mei 2010

PROGRAM HOMESCHOOLING

Program Homeschooling



Pengertian Program Homeschooling
Homeschooling merupakan program pengajaran anak yang diberikan tidak di sekolah tradisional. Kegiatan mengajar dapat dilakukan di rumah atau di suatu tempat pada komunitas tertentu. Siswa homeschooling bisa terdiri dari 1 anak, beberapa saudara bahkan beberapa anak dimana orang tua mereka setuju untuk memberikan program homeschooling ini kepada anaknya. Pengajar atau guru dari program homeschooling ini biasanya dilakukan oleh orang tua atau orang lain yang ditunjuk sebagai gurunya.

Keuntungan Dari Program Homeschooling
Program homeschooling masih menimbulkan pro dan kontra di masyarakat. Berbagai tanggapan positif dan negatif mewarnai pembicaraan hal ini. Seorang murid homeschooling di Amerika Serikat, Jessica Smith, mengatakan bahwa ia lebih menyenangi program ini karena ia dapat belajar sesuai dengan kemampuannya dan tidak harus berkompetisi dengan anak lainnya.Namun iapun berujar bahwa karena tidak bertemu dengan anak-anak lainnya, ia tidak mempunyai banyak teman.

Ibu dari Jessica juga mengatakan bahwa ia dan ayah Jessica memutuskan untuk memberikan program ini kepada anak mereka karena menginginkan agar Jessica dapat belajar sesuai dengan kemampuannya. Ia menambahkan bahwa anak yang melakukan homeschooling tidak menjadi cepat bosan dalam mempelajari sesuatu karena mereka melakukannya dengan senang hati dan perlahan-lahan. Selain itu anak homeschooling menunjukkan bahwa mereka lebih disiplin sehingga tidak menimbulkan masalah saat sekolah.

Untuk melakukan program ini, banyak dibutuhkan kesabaran serta komitmen yang besar dari orang tua yang mengajar anak-anaknya. Untuk bahan pengajaran, mereka harus bekerja keras mencari dan mempelajari materi yang akan diajarkan. Oleh karenanya, orang tua tidak mempunyai waktu untuk melakukan kegiatan mereka sendiri.

Mana yang Lebih Baik? Homeschooling atau Sekolah Tradisional?
Hingga saat ini tidak dapat dibandingkan mana yang lebih baik antara program belajar dengan homeschooling atau sekolah tradisional. Namun dari beberapa cerita sukses di Amerika Serikat, anak yang melakukan homeschooling ini mengikuti ujian dari pemerintah, hasil yang didapatkan cukup mengejutkan. Beberapa anak mendapatkan nilai dibawah rata-rata dan beberapa anak lainnya malah diatas rata-rata. Tetapi bukan berarti bahwa anak yang mengikuti homeschooling dan meraih kecerdasan lebih dari anak-anak lainnya menunjukkan bahwa sekolah tradisional tidak melakukan program mengajar dengan baik.

Riset yang dilakukan oleh pemerintah Amerika Serikat membuktikan bahwa anak-anak yang melakukan homeschooling menunjukkan bahwa mereka dapat lebih bersosial dengan orang lain daripada anak yang bersekolah di sekolah tradisional. Mereka banyak melakukan aktifitas sosial dengan berbagai cara seperti: mengadakan kelompok murid-murid homeschooling, mengikuti klub-klub, kegiatan rekreasi serta acara keagamaan.

Tepatkah Program Homeschooling untuk Anak Kami?
Apabila Anda menanyakan apakah program homeschooling merupakan langkah yang tepat untuk anak Anda, jawabannya akan sangat sulit. Tidak ada jaminan bahwa program ini adalah langkah yang tepat untuk setiap keluarga. Keuntungan dari homeschooling apabila ditangani secara bertanggung jawab dan dengan intelektual oleh orang tua yang mengajar atau guru lainnya maka kemungkinan dapat berhasil untuk dilakukan pada si anak. Tanggung jawab orang tua adalah tidak menolak sekolah tradisional atau sejenisnya namun memilih cara pengajaran apa yang lebih sesuai dengan anak tersebut dan keluarganya.

Sumber : www.duniabelajar.com/guru-artikel-lihat.php?id=10...14

Tidak ada komentar:

Posting Komentar